Periksa Payudara Sendiri (SADARI)

Sadari_1Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dilakukan dengan melihat (inspeksi) dan meraba (palpasi) untuk menemukan kemungkinan adanya kelainan-kelainan seperti : benjolan, pembengkakan, kelainan bentuk, posisi payudara yang asimetris, perubahan warna, kerutan kulit payudara, dan pengeluaran cairan abnormal dari puting susu.

Tiga langkah penting dalam melakukan SADARI, yaitu:

  1. Pemeriksaan inspeksi (melihat) di depan cermin. Berdirilah di depan cermin,  perhatikan kesimetrisan kedua payudara Anda. Kemudian angkat kedua lengan Anda di atas kepala. Perhatikan, apakah ada perubahan bentuk di setiap payudara, pembengkakan, lekukan, atau perubahan di setiap puting.
  2. Pemeriksaan raba (palpasi) pada posisi berdiri. Lakukan perabaan pada kedua payudara anda secara bergantian. Untuk melakukan pemeriksaan pada payudara sebelah kanan, angkat lengan kanan anda ke belakang kepala, lalu gunakan jari-jari tangan kiri untuk melakukan pemeriksaan. Lakukan langkah-langkah sebaliknya untuk memeriksa payudara sebelah kiri.
  3. Pemeriksaan raba (palpasi) pada posisi berbaring. Berbaringlah di atas permukaan yang keras, kemudian lakukan perabaan pada kedua payudara anda secara bergantian. Pada saat melakukan pemeriksaan pada payudara sebelah kanan, letakkan bantal di bawah pundak kanan, dan lengan kanan pada posisi belakang kepala. Dengan jari-jari tangan kiri lakukan perabaan pada payudara kanan, serta tekan secara lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam. Gerakan perabaan dimulai pada bagian paling puncak dari payudara kanan (posisi jam 12), menuju ke arah jam 10 dan seterusnya, sampai kembali ke posisi jam 12. Setelah itu, pindahkan jari-jari Anda kira-kira 2 cm mendekati puting susu dengan tetap pada posisi jam 12. Lanjutkan perabaan dengan gerakan memutar seperti sebelumnya hingga seluruh bagian payudara termasuk puting susu. Lakukan hal yang sama pada payudara sebelah kiri.

Teknik palpasi dalam SADARI yang benar harus menggunakan ruas ketiga jari yang di tengah tangan anda. Anda sangat dianjurkan untuk mengulang-ulang gerakan melingkar dengan ruas jari yang disertai dengan sedikit penekanan (penekanan yang lembut) untuk dapat merasakan bila ada kemungkinan benjolan yang masih kecil yang agak ke dalam. Ingat bedakan rasa raba terhadap adanya benjolan karena kelainan dengan rasa raba tulang rusuk yang terasa keras dan lebih ke dalam dari pada payudara.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

*