TREATMENT OF ALZHEIMER DISEASE

Until this time no treatment that be able to cure Alzheimer disease yet. The medicines which be provided has characteristic to move slowly the progressively of disease. Because Alzheimer disease has chronic characteristic and long increasingly the patient more be depended on other person, so then it is needed calm family or person who will take care of patient extremely.

Pengertian dan kesabaran dari orang-orang disekitarnya membantu memperlambat progresivitas penyakit Azheimer yang diderita. Obat-obatan yang digunakan di dunia kedokteran saat ini untuk membantu meringankan penderitaan pasien antara lain: donepezil, rivastagmine dan galantamine. Obat-obatan ini bekerja dengan memperbaiki kadar neurotransmitter otak dan memperbaiki fungsi berpikir serta control tingkah laku penderita.

Berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan bila ada anggota keluarga yang menderita penyakit Alzheimer:

  1. Membuat catatan kecil, untuk membantu pasien mengingat kembali sesuatu yang dilupakan. Misalnya catatan tentang cara menelpon, catatan nomor telpon penting ataujadwal kegiatan.

  2. Ciptakan suasana yang menenangkan, hindari adanya suara-suara yang gaduh, kerumunan orang atau suasana gawat.

  3. Jangan memaksa pasien untuk mengingat sesuatu atau melakukan hal yang sulit karena akan menyebabkan kecemasan saja bagi pasien dan malah akan memperburuk kondisi pasien.

  4. Lakukan komunikasi lebih sering dengan pasien sambil menyentuh badan atau bahu pasien untuk membantu mengingat sesuatu yang dilupakan.

  5. Buat acara ritual pada malam hari, karena prilaku pasien denga penyakit Alzheimer akan bertambah parah pada malam hari. Karena itu ciptakan suasana tenang dan nyaman sebelum tidur. Kecilkan suara TV, hindarkan keributan atau suara keras. Lambu dibiarkan menyala untuk mencegah disorientasi. Sebaiknya pasien tidak tidur pada siang hari dan batasi minum teh dan kopi.

  6. Buat lingkungan yang aman. Sebaiknya kamar pasien berada di lantai dasar untuk menhindari jatuh. Jauhkan benda tajam atau bahan-bahan yang berbahaya.

  7. Tuntun pasien berjalan-jalan pada siang hari, untuk menghindari adanya gejala keluyuran yang biasanya dialami oleh penderita Alzheimer karena lupa arah jalan mau kemana. Untuk menhindari agar pasien tidak tersesat bekali mereka peta menuju pulang, nomor telpon dan pengenal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

*