GLOBAL WARMING CONSTITUTES AS A THREAT OF WORLD

Global warmingGlobal warming have being happened constitute as a threat for states in the world specifically for tropical states. Because the consequence of that global warming will be appearing the change of environment condition and provided of natural capacity sources that be needed as live saving sources specially for human (for example: clear water), that potential will be happened quality decrease of community health and be estimated as etiology of savage increasingly the disease that be present ( like Malaria, Dengue Hemorrhagic Fever, Diarrhea, lungs disease) and it appear many new disease of human (like: Ebola, avian influenza, and others).

Efeknya terus dirasakan oleh masyarakat dimana terjadi peningkatan suhu bumi sebagai akibat dari banyaknya bumi menyerap panas matahari (radiasi ultra). Panas tersebut tidak bisa dilepaskan kembali ke atmosfer alias panas terperangkap, yang menyebabkan peningkatan emisi gas sehingga meningkatkan panas bumi dan mencairkan es di kutub. Mencairnya es di kutub merupakan ancaman besar bagi penghuni bumi ini, dimana permukaan air laut akan semakin naik yang berpotensi menimbulkan bencana seperti terjadinya banjir dimana-mana seperti halnya terjadi di Indonesia.

Akibat pemanasan global juga akan menimbulkan perubahan kondisi lingkungan dan ketersediaan sumber daya alam yang dibutuhkan sebagai sumber kehidupan khususnya bagi manusia (misalnya air bersih), yang berpotensi akan terjadinya penurunan kwalitas kesehatan masyarakat dan diasumsikan sebagai penyebab bertambah ganasnya penyakit yang ada (seperti Malaria, Demam berdarah dengue, Diare, penyakit paru) dan timbulnya berbagai penyakit baru bagi manusia (seperti Ebola, flu burung, dsb.)

Masalah ini timbul adalah sebagai akibat dari tingginya tingkat pencemaran udara akibat penggunaan bahan bakar fosil dan merebaknya penggunaan teknologi industri modern. Di negara-negara maju seperti Amerika dan berbagai negara di daratan Eropa adalah negara dengan tingkat kemajuan industri tertinggi di dunia. Disamping itu hutan yang gundul akibat adanya penebangan hutan secara liar juga akan berpengaruh terhadap adanya pemanasan global dan ketersediaan udara bersih dipermukaan bumi ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan komitmen yang serius dari penentu kebijakan dan seluruh komponen masyarakat di negara-negara di dunia berjuang mencari pemecahan yang terbaik demi menyelamatkan kehidupan di bumi.

Upaya mendasar yang perlu dilakukan adalah menurunkan tingkat pencemaran udara dan pelestarian serta memperluas areal hutan.

Tantangannya adalah : Apakah mungkin bisa menciptakan industri tanpa menggunakan bahan bakar atau apakah mungkin menciptakan industri tanpa menimbulkan pencemaran ? Apakah mungkin bisa memperluas areal hutan sementara penduduk negara-negara di dunia bertambah banyak dan industri berkembang pesat yang membutuhkan lahan atau areal untuk tempat tinggal dan pengembangan industri ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

*